Saat ini kita dapat dengan mudah membuat situs web di server sendiri yang dapat diakses dari mana saja melalui komputer atau telepon seluler. Server sendiri bukan berarti milik sendiri. Server sendiri itu didapatkan dengan cara menyewa atau bahkan gratis, karena banyak perusahaan yang menyediakan server web gratis di internet untuk jangka waktu tertentu.

Server sendiri itu di zaman dahulu harus berupa komputer fisik yang tidak murah harganya. Kini tersedia server sendiri berupa komputer virtual yang gratis atau berbayar dalam bentuk cloud computing (komputasi langit). Penyedia layanan cloud gratis dan berbayar itu antara lain AWS (Amazon Web Services).

Membuat desain web juga mudah dikerjakan oleh siapa saja, karena tersedia aplikasi atau sistem manajemen konten seperti WordPress. Anda tidak harus tahu kode atau bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, dan PHP yang digunakan WordPress. WordPress tersedia di internet secara bebas dengan lisensi Free atau Open Source. Perangkat lunak berlisensi Free/Open Source artinya tidak perlu membayar biaya lisensi atau royalti untuk menggunakan dan memodifikasinya.

Sistem operasi komputer yang digunakan untuk menjalankan situs web ini adalah Ubuntu, yang juga berlisensi Free/Open Source. Ubuntu merupakan nama sistem operasi “lengkap” yang biasa disebut distro atau distribusi Linux. Ubuntu dikembangkan oleh perusahaan Canonical. Ubuntu berisi inti sistem operasi (kernel) Linux dan berbagai aplikasi Free/Open Source lainnya. Linux adalah nama inti sistem operasi yang pertama dibuat oleh Linus Torvalds ketika masih menjadi mahasiswa di Universitas Helsinki Finlandia pada 1991.

Jika Anda tertarik belajar kilat membuat web dengan WordPress di Linux Ubuntu atau di Windows, di komputer fisik atau cloud, Anda dapat mengikuti workshop di NF Computer Training Center. Jika Anda belum kuliah dan ingin menguasai ilmu komputer/informatika atau sistem informasi secara mendalam, Anda dapat mengikuti kuliah di STT NF.

Jakarta, 4 Maret 2019

Penulis: Rusmanto, Dosen STTNF, Pengajar NF Computer, dan Pemimpin Redaksi CoinDaily

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *